Selasa, 14 Mei 2013

E-BISNIS

DEFINISI E-BISNIS




E-Bisnis dapat didefinisikan dari beberapa perspektif :


  1. Komunikasi : penyampaian barang, jasa, layanann informasi atau pembayaran melalui jaringan komputer atau perangkat elektronik lainnya.
  2. Komersial (perdagangan) : kemampuan untuk membeli dan menjual produk, jasa, layanan dan informasi di internet dan melalui layanan pembayaran.
  3. Proses bisnis : melakukan bisnis melalui jaringan elektronik dengan menggunakan informasi sebagai pengganti proses bisnis secara fisik.
  4. Layanan : sebuah alat bagi pemerintah, perusahaan, konsumen dan manajemen untuk mengurangi biaya layanan, meningkatkan kualitas layanan pelanggan dan mempercepat penyampaian layanan.
  5. Pembelajaran : memungkinkan pembelajaran secara online pada sekolah, universitas dan organisasi lain(termasuk bisnis).
  6. Kolaborasi : kerangka kerja bagi kolaborasi inter dan intra organisasi.
  7. Komunitas : tempat berkumpul bagi anggota komunitas untuk belajar, bertransaksi dan berkolaborasi.

E-Bisnis : pertukaran antar pihak-pihak individu maupun organisasi dengan perantaraan teknologi yang difasilitasi dengan aktivitas intra dan inter organisasi secara elektronik.


KERANGKA E-BISNIS
Penerapan eBisnis didukung oleh infrastruktur dan 5 (lima) area pendukung :

  • Manusia (people)
  • Kebijakan publik (public policy)
  • Pemasaran dan iklan (marketing and advertising)
  • Dukungan layanan (support services)
  • Rekanan bisnis (business partnerships)


KEUNTUNGAN E-BISNIS
Keuntungan bagi organisasi / perusahaan :

  • Jangkauan global
  • Pengurangan biaya
  • Perbaikan rantai pasokan
  • Perpanjangan waktu layanan: 24/7/365
  • Customization Time-to-market yang cepat
  • Biaya komunikasi yang lebih murah
  • Proses pembelian yang lebih efisien
  • Peningkatan relasi pelanggan Informasi perusahaan yang mutakhir (up-to-date)

Keuntungan bagi pelanggan :

  • Dapat berada dibeberapa “tempat” sekaligus
  • Lebih banyak produk dan jasa
  • Harga produk dan jasa lebih murah
  • Pengiriman yang lebih cepat
  • Ketersediaan informasi
  • Komunitas elektronik / maya
  • Di beberapa negara tidak dikenakan pajak penjualan


Keuntungan bagi masyarakat :

  • Telecommuting
  • Meningkatkan standard hidup
  • Ketersediaan layanan publik

KETERBATASAN E-BISNIS
Keterbatasan teknis :

  • Belum adanya standard kualitas, keamanan dan kehandalan yang diterima secara global
  • Keterbatasan bandwith telekomunikasi
  • Kesulitan integrasi aplikasi eBisnis dengan legacy systems
  • Biaya akses (internet) yang masih relatif mahal
  • Kebutuhan Web server atau infrastruktur lain yang bersifat khusus / istimewa

Keterbatasan non–teknis :

  • Biaya dan justifikasi
  • Keamanan dan privasi (kebebasan pribadi / privacy)
  • Penolakan dan ketidak–percayaan pengguna
  • Keterbatasan “touch and feel” secara online


Untuk lebih lengkapnya bisa didownload dengan mengklik link di bawah ini :

0 komentar:

Posting Komentar

 
Design by Wordpress Theme | Bloggerized by Free Blogger Templates | free samples without surveys