DEFINISI E-BISNIS
E-Bisnis dapat didefinisikan dari beberapa perspektif :
- Komunikasi : penyampaian barang, jasa, layanann informasi atau pembayaran melalui jaringan komputer atau perangkat elektronik lainnya.
- Komersial (perdagangan) : kemampuan untuk membeli dan menjual produk, jasa, layanan dan informasi di internet dan melalui layanan pembayaran.
- Proses bisnis : melakukan bisnis melalui jaringan elektronik dengan menggunakan informasi sebagai pengganti proses bisnis secara fisik.
- Layanan : sebuah alat bagi pemerintah, perusahaan, konsumen dan manajemen untuk mengurangi biaya layanan, meningkatkan kualitas layanan pelanggan dan mempercepat penyampaian layanan.
- Pembelajaran : memungkinkan pembelajaran secara online pada sekolah, universitas dan organisasi lain(termasuk bisnis).
- Kolaborasi : kerangka kerja bagi kolaborasi inter dan intra organisasi.
- Komunitas : tempat berkumpul bagi anggota komunitas untuk belajar, bertransaksi dan berkolaborasi.
E-Bisnis : pertukaran antar pihak-pihak individu maupun organisasi dengan perantaraan teknologi yang difasilitasi dengan aktivitas intra dan inter organisasi secara elektronik.
KERANGKA E-BISNIS
Penerapan eBisnis didukung oleh infrastruktur dan 5 (lima) area pendukung :
- Manusia (people)
- Kebijakan publik (public policy)
- Pemasaran dan iklan (marketing and advertising)
- Dukungan layanan (support services)
- Rekanan bisnis (business partnerships)
KEUNTUNGAN E-BISNIS
Keuntungan bagi organisasi / perusahaan :
- Jangkauan global
- Pengurangan biaya
- Perbaikan rantai pasokan
- Perpanjangan waktu layanan: 24/7/365
- Customization Time-to-market yang cepat
- Biaya komunikasi yang lebih murah
- Proses pembelian yang lebih efisien
- Peningkatan relasi pelanggan Informasi perusahaan yang mutakhir (up-to-date)
Keuntungan bagi pelanggan :
- Dapat berada dibeberapa “tempat” sekaligus
- Lebih banyak produk dan jasa
- Harga produk dan jasa lebih murah
- Pengiriman yang lebih cepat
- Ketersediaan informasi
- Komunitas elektronik / maya
- Di beberapa negara tidak dikenakan pajak penjualan
Keuntungan bagi masyarakat :
- Telecommuting
- Meningkatkan standard hidup
- Ketersediaan layanan publik
KETERBATASAN E-BISNIS
Keterbatasan teknis :
- Belum adanya standard kualitas, keamanan dan kehandalan yang diterima secara global
- Keterbatasan bandwith telekomunikasi
- Kesulitan integrasi aplikasi eBisnis dengan legacy systems
- Biaya akses (internet) yang masih relatif mahal
- Kebutuhan Web server atau infrastruktur lain yang bersifat khusus / istimewa
Keterbatasan non–teknis :
- Biaya dan justifikasi
- Keamanan dan privasi (kebebasan pribadi / privacy)
- Penolakan dan ketidak–percayaan pengguna
- Keterbatasan “touch and feel” secara online
Untuk lebih lengkapnya bisa didownload dengan mengklik link di bawah ini :
0 komentar:
Posting Komentar